Waspadai Infeksi Cytomegalovirus (CMV) Pada Kehamilan

Tujuan dari pemeriksaan sebelum kehamilan adalah untuk mengetahui kondisi ibu dan suami dalam keadaan sehat sehingga tidak membahayakan ibu dan janin selama kehamilan. Sudahkah anda melakukan pemeriksaan kehamilan? Bagaimana dengan pemeriksaan TORCH , sudahkah anda lakukan?

waspadai-infeksi-cytomegalovirus
Anda yang akan berencana untuk hamil dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan TORCH. Pemeriksaan TORCH yaitu untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu hamil dan terhindar dari Toxoplasma, Rubella, kemudian Cytomegalovirus dan juga Hepatitis B. Penyakit tersebut akan membahayakan kesehatan ibu dan janin. Dari sekian pemeriksaan TORCH yang dilakukan, kali ini melalui artikel tim bidanku akan berbagi informasi mengenai Cytomegalovirus yang membahayakan kehamilan. Apa saja bahaya yang akan disebabkan oleh cytomegalovirus dan bagaimana solusi bagi ibu hamil yang mengalami infeksi virus Cytomegalovirus.
Pengertian Cytomegalovirus
Cytomegalovirus atau yang lebih dikenal dengan CMV adalah salah satu bentuk virus yang menyerupai virus herpes. Pada penderita yang terinfeksi oleh Cytomegalovirus maka gejalanya menyerupai flu bahkan beberapa mengalami tanpa gejala. Pemeriksaan darah merupakan solusi yang tepat untuk mengetahui tubuh terinfeksi Cytomegalovirus.
Infeksi Cytomegalovirus dapat menyebar melalui cairan tubuh penderita,melalui darah, sperma, air liur, urin dan juga air susu ibu. Kondisi penderita yang terserang infeksi Cytomegalovirus akan berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena sistem kekebalan yang berbeda.
Pada penderita yang terinfeksi Cytomegalovirus dibedakan menjadi tiga tipe, yaitu :
1. Tipe CMV Primer yaitu ketika seorang terinfeksi Cytomegalovirus pada pertama kalinya
2. Tipe CMV Rekuren yaitu terjadi reaktifasi dari infeksi Cytomegalovirus yang dorman
3. Tipe CMV KOngenital yaitu infeksi yang berasal dari ibu hamil yang terinfeksi Cytomegalovirus
Tidak hanya ibu hamil yang dapat terinfeksi Cytomegalovirus melainkan setiap individu dapat terserang oleh virus Cytomegalovirus. Meskipun demikian bahaya apabila virus Cytomegalovirus menyerang janin karena berada pada kondisi imun belum matang sehingga menimbulkan gejala yang berat. Penyebaran virus Cytomegalovirus akan terjadi melalui sirkulasi darah. Infeksi yang disebabkan oleh Cytomegalovirus akan sistematis bahkan akan menyerang organ tubuh dan meningkatkan inflamasi, memacu autoimun bahkan hingga menyebabkan infertilitas.
Pemeriksaan TORCH salah satu upaya untuk mengetahui infeksi Cytomegalovirus di dalam tubuh sebelum ibu merencanakan kehamilan. Pemeriksaan yang dilakukan melalui mikroskopik urin untuk mengetahui replikasi, infeksi dan juga pelepasan virus dalam urin.

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 36 = 43

© 2015 Akademi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Banten