Perawatan dan Penanganan Asma Pada Anak yang Tepat dan Aman

Untuk mengetahui beberapa penanganan asma yang tepat dan aman pada anak, mari kita simak beberapa poin dibawah ini.

1. Buat Si Anak Tetap Tenang

Resiko serangan peyakit asma yang paling menakutkan bukan hanya seberapa buruk serangan sesak napas itu datang, akan tetapi perasaan panik yang menyerang diri seseorang biasanya menjadi hal yang amat menegangkan.
Usia si kecil yang masih begitu belia, membuat ketakutan dalam dirinya terhadap serangan penyakit atau sesuatu yang membuat mereka tidak nyaman akan membuat ketakutannya menjadi begitu besar.

Begitupun saat si kecil mendapat serangan asma secara mendadak, ketakutan yang besar akan membuat rasa paniknya semakin meningkat. Ketika rasa panik saat serangan asma ini timbul, maka akan semakin memperburuk serangan yang dirasakan. Hal ini dikarenakan, perasaan panik akan membuat sirkulasi peredaran daran menjadi terhalang dan tekanan darah menjadi kacau.
Untuk itulah, bantu si kecil mengatasi rasa paniknya agar ia menjadi lebih tenang. Perintahkan dan bimbing si kecil untuk berbaring di kasur tanpa menggunakan bantal. Cobalah buat si anak untuk menjadi lebih tenang.

Bimbing si buah hati untuk bernapas dengan perlahan dan mengambil napas dalam-dalam melalui hidung dan hembuskan perlahan lewat mulut. Beritahukan padanya bahwa anda ada bersama dengan mereka dan semuanya akan baik-baik saja. Ketika si kecil lebih tenang, maka penanganan serangan asma bisa dilakukan dengan lebih baik.

2. Jauhkan Anak Dari Sumber Alergi

Kebanyakan asma yang menyerang anak-anak adalah dikarenakan oleh serangan alergi dalam tubuh. Adapun beberapa alergen yang memicu timbulnya alergi adalah karena debu, kotoran yang tersebar diudara, bulu binatang, serbuk sari dan lain sebagainya.
Selain itu, reaksi alergi yang muncul dan memicu timbulnya asma adalah karena makanan. Untuk itulah, pastikan jika orangtua sedapat mungkin menghindarkan anak-anaknya dari serangan alergen tersebut. Jika anak alergi akan udara yang dingin, maka usahakan si anak agar tetap hangat seperti menyalakan perapian dalam rumah atau lengkapi si buah hati dengan pakaian yang hangat.

3. Berikan Minuman Hangat Untuk Melegakan Napas

Kondisi sesak napas atau kesulitan bernapas, umumnya akan sangat menganggu dan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman, terutama untuk anak-anak. Nah, untuk meredakan napas ini anda bisa segera memberikan minuman hangat yang bekerja agar dapat meredakan napas pada anak. Minuman tersebut diantaranya bisa minuman alami yang dibuat dari rempah herbal seperti jahe. Konsumsi jahe bisa dicampur bersama dengan gula dan air hangat dan djadikan minuman yang nikmat.
Jahe tentunya baik untuk tubuh dan bekerja untuk meredakan napas. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan pada jahe yang kadarnya cukup tinggi. Antioksidan akan dapat bekerja untuk mencegah dan mengobati asma. Untuk itulah, jahe adalah obat alami yang enak untuk menangkal penyakit asma.

4. Hubungi Dokter

Ketika serangan gejala asma sudah akut dan anda mendapati si buah hati tetap pada kondisi yang mengkhawatirkan setelah anda memberikan berbagai penangan. Maka cara paling tepat dan terpercaya adalah dengan meminta bantuan medis. Ketika anak kepayahan menahan serangan asma dan anda menjadi lebih panik, maka segera hubungi dokter atau medis yang menangani penyakit anda dengan segera. Penanganan yang cepat dan tepat akan menjadi penanganan yang baik untuk mengatasi penyakit si buah hati.

Kondisi serangan penyakit asma pada anak-anak adalah hal yang akan membuat setiap orangtua khawatir dan cemas. Untuk itulah, mengetahui cara penanganan tepat dan aman ketika serangan asma menimpa si kecil adalah hal yang penting sekali untuk diketahui setiap orangtua.

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

52 − 49 =

© 2015 Akademi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Banten